Minggu, 05 Februari 2012

Pengertian Field, Record dan Table


Pengertian Field, Record dan Table


Character                            : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik,        huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field.
  Field                                  : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
  field name                          : harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan lainnya
  field
 representation                  : tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data).
  field value                          : isi dari field untuk masing-masing record.
  Record                              : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.
  File                                      : File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.
  Database                            : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database

Tidak ada komentar:

Posting Komentar