Minggu, 05 Februari 2012

Langkah-Langkah Normalisasi


Langkah-langkah normalisasi

Untuk mendapatkan hasil yang paling normal, maka proses normalisasi dimulai dari normal pertama. Field-field tabel di atas yang merupakan group berulang : Employee number, Employee name, Rate category, Hourly rate.


  • Normalisasi Pertama :

Solusinya hilangkan duplikasi dengan mencari ketergantungan parsial; menjadikan field-field menjadi tergantung pada satu atau beberapa field, bukan seluruhnya. Karena yang dapat dijadikan kunci adalah Project Number dan Employee Number, maka langkah kemudian dicari field-field mana yang tergantung pada Project Number dan mana yang tergantung pada Employee Number

 Keterangan : nama field yang dicetak miring dan tebal menunjukkan primary key. Ada beberapa keanehan dalam data pada tabel di atas. Adanya kesalahan penulisan data pada kolom “project name” record ketiga. Kemungkinan kesalahan penulisan data semakin bertambah seiring bertambahnya record.


  • Normalisasi Kedua :

Field-field yang tergantung pada satu field haruslah dipisah dengan tepat, misalnya Project Number menjelaskan Project Name dan Employee Number menjelaskan Employee Name, Rate Category dan Hourly Rate.
Untuk membuat hubungan antara dua tabel, dibuat suatu tabel yang berisi key-key dari tabel yang lain.


  • Normalisasi Ketiga :

Pada tabel diatas masih terdapat masalah, bahwa Employee Number 17 mendapatkan hourly rate yang tidak sesuai dengan rate category nya. Solusinya adalah mencari hubungan transitif (transitive relation) dimana field non-key tergantung pada field non-key lainnya.
Artinya harus memisahkan field non-kunci Rate Category yang tadinya tergantung secara parsial kepada field kunci Employee Number, untuk menghilangkan anomali penulisan data pada field hourly rate.

1 komentar: