Minggu, 05 Februari 2012

DBMS


Pengertian DBMS
DBMS atau Database Management System adalah perangkat lunak yang didesain untuk membantu memelihara dan memanfaatkan kumpulan data yang besar. DBMS adalah bagian perangkat lunak yang dirancang untuk membuat tugas sebelumnya menjadi lebih mudah. Dengan menyimpan data dalam DBMS, fitur DBMS untuk mengelola data dengan cara yang kuat dan efisien dapat diterapkan. Karena volume data dan jumlah pengguna terus bertambah, maka dukungan DBMS menjadi hal yang sangat diperlukan.

Manfaat DBMS
Ø  Keunggulan menggunakan DBMS untuk mengelola data:
  • kemandirian data (data dependencies)
Program aplikasi idealnya tidak diekspos pada detail representasi dan penyimpanan data. DBMS menyediakan satu pandangan abstrak tentang data yang menyembunyikan detail tersebut.
  • akses data efisien
DBMS memanfaatkan berbagai teknik yang canggih utuk menyimpan dan mengambil data secara efisien. Fitur ini terutama penting jika data disimpan pada alat penyimpanan eksternal.
  • integritas dan keamanan data
Jika data selalu diakses melalui DBMS, maka DBMS dapat memanfaatkan batasan integritas.
  • administrasi data
Ketika beberapa pengguna berbagi data, pemusatan administrasi dapat memberikan perbaikan yang signifikan.
  • akses konkuren and crash recovery
DBMS menjadwalkan akses konkuren pada data dengan cara tertentu sehingga pengguna dapat memandang data sebagai data yang sedang diakses oleh hanya satu pengguna pada satu waktu.
  • waktu pengembangan aplikasi terkurangi
DBMS menjadi lebih kuat daripada aplikasi yang berdiri sendiri karena banyak tugas penting ditangani DBMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar