Minggu, 05 Februari 2012

BASIS DATA


Dasar dasar Basis Data
Data
Nilai/value yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event).
Catatan      :   data adalah bentuk jamak, bentuk tunggalnya adalah datum. Hal ini perlu dipahami karena masih sering terjadi salah penulisan seperti kalimat berikut : “data-data ini sangat bermanfaat…” yang benar adalah “data ini sangat bermanfaat…”

Informasi
Merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya; yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Sistem Informasi
Suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
Sistem informasi = Sistem terotomasi, terdiri dari beberapa komponen, antara lain :
    Hardware :  CPU, Disk, terminal, printer.
  Software   : Sistem operasi, sistem database, prog. Pengontrol komunikasi, prog. aplikasi
  Personil    : yg mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran dan melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem.
  Data          : data yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu
  Prosedur   : instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan sistem

Pengertian Database
Kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.
Database atau basis data dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Petugas administrasi mempunyai wewenang/bertugas untuk mengelolanya, misalnya memberi sampul/map, menentukan kelompok dan sebagainya.


Mengapa Diperlukan Database
-          Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
-          Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
-          Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
-          Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability)
Mengurangi pemborosan tempat simpanan luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar